Mengenal Desa Sukarare, Pusat Produksi Kain Tenun Lombok

desa sukarare lombok

Lombok adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan. Namun, keindahan alam Lombok tidak hanya terdapat di pantai, namun juga di desa-desa yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang unik. Salah satunya adalah Desa Sukarare, desa yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah dan terkenal sebagai pusat produksi kain tenun khas Lombok.

Sejarah Desa Sukarare

desa sukarare

Desa Sukarare memiliki sejarah yang panjang sebagai pusat produksi kain tenun khas Lombok. Kain tenun yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Sukarare merupakan produk tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Kain tenun tersebut dihasilkan dengan menggunakan tenun bukan mesin, sehingga memiliki nilai seni yang tinggi dan menjadi salah satu ciri khas Lombok.

Kain tenun khas Lombok memiliki corak dan motif yang beragam, tergantung dari daerah atau suku yang memproduksinya. Namun, kain tenun yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Sukarare memiliki ciri khas yang khas, yaitu dengan motif bunga, burung, dan binatang, serta warna-warna yang cerah dan menarik.

Selain menjadi pusat produksi kain tenun khas Lombok, Desa Sukarare juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun dari awal hingga menjadi produk yang siap dipasarkan. Masyarakat setempat juga ramah dan senang berinteraksi dengan wisatawan, sehingga kunjungan ke Desa Sukarare menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Berbagai Macam Jenis Kain Tenun Khas Lombok di Desa Sukarare

merasakan pakaian adat suku sasak Lombok

Selain melihat proses pembuatan kain tenun, wisatawan juga dapat membeli berbagai macam produk kain tenun di Desa Sukarare. Produk-produk tersebut dijual di toko-toko yang terdapat di sepanjang jalan menuju Desa Sukarare. Harga produk kain tenun di Desa Sukarare juga cukup terjangkau, sehingga wisatawan dapat membawa oleh-oleh khas Lombok tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Namun, sebelum mengunjungi Desa Sukarare, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan. Pertama, wisatawan harus menghormati adat dan tradisi masyarakat setempat. Wisatawan harus berpakaian sopan dan tidak memakai pakaian yang terlalu terbuka atau terlalu singkat saat mengunjungi desa ini.

Kedua, wisatawan juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar Desa Sukarare. Jangan membuang sampah sembarangan dan ikuti petunjuk atau aturan yang ditetapkan oleh masyarakat Desa Sukarare.

Ketiga, jika ingin membeli kain tenun atau kerajinan tangan lainnya, pastikan untuk membeli dari pedagang yang terpercaya atau dari toko yang telah direkomendasikan oleh masyarakat setempat. Hal ini untuk memastikan bahwa kita tidak membeli produk yang palsu atau produk yang tidak memenuhi standar kualitas yang diharapkan.

Keempat, jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam, wisatawan dapat mencoba untuk belajar menenun kain tenun di Desa Sukarare. Beberapa warga setempat membuka kelas menenun bagi wisatawan yang tertarik untuk belajar. Dalam kelas ini, wisatawan akan diajarkan tentang teknik menenun kain tenun dan juga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat.

Desa Sukarare juga menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap dan menikmati suasana desa yang tenang. Terdapat beberapa homestay yang dapat dipilih, dengan harga yang bervariasi tergantung pada fasilitas yang disediakan. Namun, wisatawan harus memesan penginapan terlebih dahulu sebelum datang ke Desa Sukarare, karena kapasitas penginapan terbatas.

Desa Sukarare juga memiliki beberapa tempat wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi, seperti Taman Wisata Alam dan Budaya Sukarara yang memiliki berbagai macam tumbuhan dan bunga yang indah. Ada juga desa-desa lain yang terletak di sekitar Desa Sukarare yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang tidak kalah menarik, seperti Desa Sade dan Desa Rambitan.

Desa Sukarare merupakan tempat yang tepat untuk wisatawan yang ingin melihat dan mempelajari tentang kain tenun khas Lombok. Desa ini juga memiliki keindahan alam yang menarik dan memiliki budaya serta tradisi yang kaya. Wisatawan dapat menikmati suasana desa yang tenang dan ramah, serta membeli oleh-oleh khas Lombok yang terkenal dengan kain tenunnya. Namun, wisatawan harus tetap menghormati adat dan tradisi masyarakat setempat serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar Desa Sukarare.

Share yuk

Artikel Menarik Lainnya