Menikmati Kehidupan Tradisional di Desa Sade Lombok

Desa Sade

Desa Sade Lombok adalah sebuah desa yang sangat menarik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya, budaya dan tradisinya yang kaya, serta masyarakat yang ramah dan ramah tamah. Desa ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sewaan dari kota Mataram atau Bandara Internasional Lombok.

Rumah Tradisional Unik di Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok

Desa Sade merupakan sebuah desa tradisional yang dihuni oleh masyarakat suku Sasak. Desa ini dikenal karena rumah-rumah tradisional yang unik dan menarik, yang disebut dengan Bale Tani atau rumah panggung. Bale Tani memiliki atap yang terbuat dari jerami dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Bangunan ini didirikan tanpa menggunakan paku atau sekrup, melainkan dengan teknik ikat pinggang yang telah dikenal sejak zaman dahulu.

Selain Bale Tani, di Desa Sade juga terdapat beberapa tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, seperti air terjun Kuning, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta. Air Terjun Kuning terletak di tengah-tengah hutan di desa ini dan mempunyai keindahan yang sangat menakjubkan. Bukit Merese menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbenam. Sedangkan Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta menawarkan keindahan pantai yang menakjubkan, air laut yang jernih, dan ombak yang cocok untuk surfing.

Tradisi dan Budaya yang Unik di Desa Sade Lombok

Desa Sade di Lombok

Selain tempat-tempat wisata, Desa Sade Lombok juga menyimpan berbagai tradisi dan budaya yang unik dan menarik. Salah satu tradisi yang terkenal adalah tradisi menenun yang dilakukan oleh wanita-wanita di desa ini. Wanita-wanita di Desa Sade menghasilkan kain tenun yang sangat indah dan unik dengan menggunakan tenun bukan mesin, namun tenun tradisional yang masih dikerjakan dengan tangan.

Selain menenun, masyarakat Desa Sade juga terkenal dengan tarian tradisional mereka yang disebut dengan “Gendang Beleq”. Tarian ini biasanya dilakukan untuk menyambut tamu yang datang dari luar desa. Tarian Gendang Beleq dilakukan dengan menggunakan dua alat musik utama, yaitu gendang besar dan gong, serta tarian yang dinamis dan penuh semangat.

Kunjungan ke Desa Sade dapat menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih dalam tentang budaya dan tradisi masyarakat Sasak di Lombok. Wisatawan dapat menginap di rumah-rumah tradisional yang dijadikan homestay, serta dapat belajar langsung tentang cara hidup dan aktivitas sehari-hari masyarakat Desa Sade. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli kain tenun atau kerajinan tangan lainnya yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Sade sebagai oleh-oleh.

Dalam kunjungan ke Desa Sade, wisatawan juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan oleh masyarakat Desa Sade, seperti gotong royong membersihkan desa atau mengunjungi sekolah lokal. Melalui kegiatan ini, wisatawan dapat merasakan kehangatan dan keramahan masyarakat Desa Sade, serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Namun, meskipun Desa Sade memiliki daya tarik yang besar sebagai objek wisata budaya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi desa ini. Pertama, sebagai wisatawan, kita harus menghormati dan menghargai adat dan tradisi masyarakat setempat. Kita harus berpakaian sopan dan tidak memakai pakaian yang terlalu terbuka atau terlalu singkat saat mengunjungi desa ini.

Kedua, kita harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar desa. Jangan membuang sampah sembarangan dan ikuti petunjuk atau aturan yang ditetapkan oleh masyarakat Desa Sade.

Ketiga, jika ingin membeli kain tenun atau kerajinan tangan lainnya, pastikan untuk membeli dari pedagang yang terpercaya atau dari toko yang telah direkomendasikan oleh masyarakat setempat. Hal ini untuk memastikan bahwa kita tidak membeli barang-barang palsu atau yang dihasilkan dengan cara yang tidak etis.

Terakhir, sebaiknya kita tidak mengambil gambar atau merekam video tanpa izin dari masyarakat setempat. Kita harus meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil gambar atau merekam video di sekitar desa.

Kunjungan ke Desa Sade di Lombok dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Sasak. Melalui kunjungan ini, kita dapat belajar tentang kehidupan tradisional dan aktivitas sehari-hari masyarakat Desa Sade, serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Namun, kita harus selalu menghormati adat dan tradisi masyarakat setempat serta menjaga kelestarian lingkungan di sekitar desa.

Share yuk

Artikel Menarik Lainnya