Yuk Cari Tahu 4 Desa Wisata Suku Sasak Di Lombok

desa ende suksu sasak lombok

Jika Anda sudah berkali-kali ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), coba jangan hanya menikmati panorama wisata alamnya tapi ada yang perlu Anda kunjungi yang lebih menarik yaitu wisata budaya nya. Salah satu desa dari keempat desa wisata Suku Sasak, ada yang tidak jauh dari pantai Mandalika.

Berikut 4 desa wisata Suku Sasak di Lombok yang wajib Anda kunjungi, serta Anda akan dibuat betah dan ingin berlama – lama didalam nya.

  • Kampung Ende
desa ende suksu sasak lombok

Kampong Ende berada di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, atau kurang lebih 20 menit dari Bandara Internasional Lombok. Ada sekitar 30 rumah adat dikampung ini. Para wisatawan dapat masuk ke salah satu rumah adat tersebut, sambari mendengarkan guide lokal setempat menjelaskan tentang rumah adat setempat.

Rumah Suku Sasak mempunyai dua ruangan. Ruangan pertama, sebuah kamar yang menyatu dengan dapur, ruangan ini khusus untuk keluarga wanita. Sedangkan ruangan kedua untuk keluarga laki-laki. Atap rumahnya dibuat dari alang-alang khas rumah Suku Sasak. Daya tarik dari Kampung Ende ialah rumah adatnya yang namanya Bale Tani.

  • Desa Sade
desa sade lombok

Ini lagi yang lebih terkenal, karena banyaknya wisatawan yang mengulas baik domestic ataupun mancanegara diberbagai situs. Dibandingkan dengan Kampung Ende, Desa Sade memberikan pengalaman wisata yang unik untuk para wisatawan, ialah Anda bisa menikmati kehidupan sehari – hari Susu Sasak (masyarakat asli Pulau Lombok). Desa Sade bisa Anda kunjungi di paket tour Gili Trawangan, Gili Nanggu dan hampir sebagian besar paket tour di Lombok.

Hampir semua penduduk di Desa Sade mempunyai hubungan darah antara sepupu. Semua desa terlihat bersih, serta rumah – rumah adat yang rapi. Warga di desa ini sebagian besar sebagai pengrajin tenun ikat khas pulau Lombok serta cinderamata. Di desa ini Anda bisa melihat proses membuat kain tenun ikat khas Lombok. Desa Sade ini berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

  • Desa TeteBatu
desa wisata tetebatu

Jika Anda wisata ke Gunung Rinjani tidak sempurna kalau Anda belum mampir ke  Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Desa wisata ini sangat berbeda dengan wisata desa lainnya, karena yang disuguhkan oleh desa ini adalah keadaan pegunungan dan persawahannya.

Para wisatawan dapat menjelajahi Desa Tetebatu dengan trekking, atau Anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Ulem-Ulem yang tingginya sekitar 10 meter, atau Anda bisa bersantai ditaman wisatanya.

Keindahan Air Terjun Ulem-Ulem bukan dilihat dari ketinggian air terjunnya, melainkan di bawah air terjun ada sebuah kolam yang lusa cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat berenang.

  • Desa Sukarare
desa sukarara penghasil tenun

Desa Sukarare berada di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah yang merupakan sebuah permukiman penduduk yang sebagian besar adalah penenun kain khas pulau Lombok. Desa Sukarare berada 25 km jika melalui Mataram. Jika Anda akan berkunjung kedesa ini, sebaik nya Anda memakai kendaraan yang Anda sewa.

Desa Sukarare dibagi menjadi dua dusun, diantaranya Belong Daye dan Belong Lauk. Jadi, desa ini kecil, dengan keindahan yang sangat menarik disekitar desa. Yang sangat menarik di desa ini adalah semua wanita didesa ini diharuskan untuk bisa menenun atau dinamakan Nyesek (dalam bahasa Suku Sasak). Diharuskan untuk bisa menenun karena itu adalah syarat untuk mereka bisa menikah.

Para wisatawan tak hanya dilayani untuk membeli kain nya saja, melainkan Anda di desa ini bisa mencoba untuk belajar menenun atau hanya sekedar menggunakan pakaian tenun khas Lombok untuk Anda berfoto-foto.

Share yuk

Artikel Menarik Lainnya